International Zara
Di era awal Internasionalisasi Zara
mengadopsi orientasi ethnocentric dimana perusahaan subsidiory harus lah
merupakan replika dari Zara Spanyol (Alexander and Myers, 2000; Bonache and
Cerviño, 1996). Bagaimanapun hal itu semacam hambatan pada saat Zara memasuki
pasar global. Dikarenakan perbedaan ukuran antara orang asia dengan orang
eropa, letak geografis yang berpengaruh pada musim dan perbedaan budaya seperti
contohnya di negera Arab yang tidak boleh terlalu terbuka. Informasi
dikumpulkan oleh semua toko perwakilan Zara dan dijadikan acuan oleh departemen
design.
Dari segi harga, Zara Spanyol merupakan
harga yang menawarkan produk paling murah. Hal tersebut berkaitan dengan market
oriented strategy. Harga di negara negara lainnya lebih tinggi berkaitan dengan
jalur distribusi yang lebih panjang. Zara menempatkan pabrik pabrik yang dekat
dengan negara tujuan selain pabrik utama di Spanyol. Hal tersebut untuk
menghindari harga yang terlalu tinggi bagi negara negara seperti Asia yang
secara geografis letaknya jauh dari Spanyol.
Untuk market entry strategy, di
Indonesia Zara menggunakan sistem Franchise dengan distributor yang berhak atas
brand zara. Dikarenakan Indonesia juga sama dengan Fillipina, Malaysia dan
negara negara Arab , dipandang Zara masih sebagai negara negara yang mempunyai
ancaman tinggi, dalam arti secara kebudayaan dan lokasi jauh berbeda dengan
pusat dan pasar yang lebih kecil dan prediksi penjualan kecil. Distributor menggunakan sistem beli putus.
Sehingga untuk stok apabila masih ada sisa maka tidak bisa direfund kembali.
Lopez dan Fan dalam jurnalnya (2009)
menyebutkan bahwa sama dengan di tempat asalnya, lokasi outlet zara merupakan
faktor kritis bagi Zara d dunia internasional. Semua outlet Zara bertempat di
pusat keramaian. Hal tersebut hasil dari analisis yang dapat mendapatkan
keuntungan yang maksimal . Untuk elemen elemen lain selain dari lokasi,
display, interior, store layout, customer service, sistem informasi dan
logistik, bisa disesuaikan dengan pilihan lokal sesuai dengan lokasi outlet
berada ( Fabrega, 2004 ).
Komentar
Posting Komentar